Selasa, 03 Januari 2012

contoh kurikulum

SILABUS


Mata Pelajaran          :         Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester      :         X / 1
Aspek                          :  Al-Qur’an
Standar Kompetensi  :      1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT

1.1 Membaca  Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78


·    Q.S. Al-Baqarah: 30
·    Q.S. Al-Mukminun: 12-14
·    Q.S. Az-Zariyat: 56
·    Q.S. An Nahl: 78

·  Membaca dengan fasih Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
·  Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78


·    Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar.
·    Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78
·    Contoh-contoh prilaku berdasar al-qur’an


Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam

- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007.
- Buku-buku yang relevan.
- Laptop & LCD Proyektor

1.2 Menyebutkan arti  Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78


·    Q.S. Al-Baqarah: 30
·    Q.S. Al-Mukminun: 12-14
·    Q.S. Az-Zariyat: 56
·    Q.S. An Nahl: 78

·  Menyebutkan arti perkata Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
·  Menyebutkan arti per-ayat Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
·  Menjelaskan terjemahan Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
·  Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78


·      Mampu menyebutkan arti per-kata Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 dengan benar
·      Mampu menyebutkan arti per-ayat Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
·      Mampu menjelaskan terjemahkan Q.S.  Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78



Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat


2 jam

- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007.
- Buku-buku yang relevan.
- Laptop & LCD Proyektor

1.3 Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam Q.S. Al- Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78


· Q.S. Al-Baqarah: 30
· Q.S. Al-Mukminun: 12-14
· Q.S. Az-Zariyat: 56
· Q.S. An Nahl: 78

·  Mengidentifikasi perilaku Khalifah yang terdapat dalam  Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
·  Mempraktikkan perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
·  Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.

·      Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
·      Mampu mencontohkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78
·      Mampu menerapkan perilaku khalifah dalam kehidupan.



Jenis Tagihan:
Perilaku individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan


2 jam

- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007.
- Buku-buku yang relevan.
- Laptop & LCD Proyektor
 


















SILABUS

Mata Pelajaran                     :  Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester                 :  X / 1
Aspek                                    :  Al-Qur’an
Standar Kompetensi          :  2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah.

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER
/BAHAN
/ALAT

2.1 Membaca  Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5


·       Q.S. Al-An’am; 162-163
·       Q.S. Al-Bayyinah: 5


·  Membaca dengan fasih  Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
·  Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5


·  Mampu membaca Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 dengan baik dan benar
·  Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5


Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam

- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007.
- Buku-buku yang relevan.
- Laptop & LCD Proyektor

2.2 Menyebutkan arti  Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5

·        Q.S. Al-An’am; 162-163
·        Q.S. Al-Bayyinah; 5

·  Mengartikan perkata Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
·  Mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
·  Mendiskusikan terjemah Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5


·  Mampu menyebutkan arti per-kata Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
·  Mampu menyebutkan arti per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
·  Mampu menjelaskan terjemahan Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5


Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Isian singkat

2 jam

- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007.
- Buku-buku yang relevan.
- Laptop & LCD Proyektor

2.3 Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam   Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5

·       Q.S. Al-An’am; 162-163
·       Q.S. Al-Bayyinah; 5

·  Mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
·  Mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
·  Menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5


·        Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
·        Mampu mencontohkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
·        Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengtan Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5

Jenis Tagihan:
Perilaku individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam

- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007.
- Buku-buku yang relevan.
- Laptop & LCD Proyektor
SILABUS

Mata Pelajaran                     :  Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester                :  X / 1
Aspek                                    :  Akidah
Standar Kompetensi          :  3. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul Husna.


KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU


SUMBER
/BAHAN
/ALAT

3.1  Menyebutkan 10 sifat Allah  dalam Asmaul  Husna

Asmaul Husna:
- 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna

·  Membaca buku sumber yang berkaitan pengertian sifat-sifat Allah.
·  Mendiskusikan arti 10 sifat Allah dalam asmaul husna.


·  Mampu  menyebutkan arti  sifat Allah.
·  Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna




Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas


2 jam

- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007.
- Buku-buku yang relevan.
- Laptop & LCD Proyektor

3.2  Menjelaskan arti  10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna

Asmaul Husna:
- 10 Asmaul Husna dan artinya

·  Membaca buku sumber yang berkaitan dengan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
·  Menjabarkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna


·  Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
·  Mampu  menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia


Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian singkat


2 jam

- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007.
- Buku-buku yang relevan.
- Laptop & LCD Proyektor

3.3   Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul  Husna


Perilaku yang mencermin-kan keimanan terhadap 10 Asmaul Husna

·  Mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
·  Menerapkan perilaku yang mencerminkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.

·  Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
·  Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna




Jenis Tagihan:
Tugas Individu

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam

- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007.
- Buku-buku yang relevan.
- Laptop & LCD Proyektor



SILABUS

Mata Pelajaran                     :  Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester                 :  X / 1
Aspek                                    :  Akhlak
Standar Kompetensi          :  4. Membiasakan perilaku terpuji.


KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU


SUMBER
/BAHAN
/ALAT

4.1   Menyebutkan pengertian perilaku  husnuzhan

Husnuzhan:
- Pengertian Perilaku Husnuzhan

·     Mendiskusikan pengertian perilaku husnu zhan.
·     Mengidentifikasi prilaku-prilaku yang berkaitan dengan husnuzhan.

·  Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap Allah
·  Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap diri sendiri.
·  Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap sesama manusia.


Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Uraian bebas

2 jam

- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007.
- Buku-buku yang relevan.
- Laptop & LCD Proyektor

4.2   Menyebutkan contoh-contoh  perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia

Husnuzhan:
- Contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.


·     Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnu dzan  terhadap Allah.
·     Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
·     Mendiskusikan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia.




·  Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap Allah
·  Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap diri sendiri.
·  Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap sesama manusia.


Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam

- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007.
- Buku-buku yang relevan.
- Laptop & LCD Proyektor

4.3   Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari

Husnu zhan :
- Perilaku Husnu zhan dalam kehidupan sehari-hari.

·     Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnu dzan  terhadap Allah.
·     Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri.
·     Mempraktikkan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia.



·  Mampu menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah
·  Mampu menerapkan sikap husnu zhan terhadap Allah
·  Mampu menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
·  Mampu menerapkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
·  Mampu menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.


Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok


Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam

- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007.
- Buku-buku yang relevan.
- Laptop & LCD Proyektor
















SILABUS

Mata Pelajaran                     :  Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester                 :  X / 1

Aspek                                    :  Fikih

Standar Kompetensi          :  5. Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah


KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU


SUMBER
/BAHAN
/ALAT

5.1   Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam

Sumber hukum Islam:
o  Al-Qur’an
-  Pengertian
-  Kedudukan
-  Fungsi
o  Al-Hadits
-  Pengertian
-  Kedudukan
-  Fungsi
o  Ijtihad
-  Pengertian
-  Kedudukan
-  Fungsi


·     Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an sebagai sumber hukum Islam.
·     Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi  Al-Hadits sebagai sumber hukum Islam.
·     Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.

·  Mampu menyebutkan pengertian Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
·  Mampu menjelaskan kedudukan Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
·  Mampu menjelaskan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
·  Mampu menjelaskan fungsi Al-Hadits terhadap Al-Qur’an.
·  Mampu menjelaskan macam-macam Al-Hadits.


Jenis Tagihan:
 Tugas Individu
 Tugas kelompok
 Ulangan harian

Bentuk instrumen:
 Uraian bebas
 Uraian singkat

4 jam

- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007.
- Buku-buku yang relevan.
- Laptop & LCD Proyektor

5.2   Menjelaskan pengertian,  kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam

Hukum Taklifi :
·  Pengertian hukum taklifi.
·  Kedudukan hukum taklifi.
·  Fungsi Hukum Taklifi dalam Hukum Islam


·     Mendiskusikan pengertian hukum taklifi dalam hukum Islam
·     Mendiskusikan kedudukan  hukum taklifi dalam hukum Islam
·     Mendiskusikan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam


·  Menjelaskan pengertian hukum taklifi dalam hukum Islam
·  Menjelaskan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam
·  Menjelaskan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam.

Jenis Tagihan:
 Tugas Individu
 Tugas kelompok
 Ulangan harian

Bentuk instrumen:
 Uraian bebas

2 jam

- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007.
- Buku-buku yang relevan.
- Laptop & LCD Proyektor

5.3   Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari

Hukum taklifi:
- Penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.

·     Mendiskusikan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.
·     Mempraktikkan perilaku yang sesuai dengan  hukum taklifi.
·     Menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.


·     Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku sesuai hukum taklifi.
·     Mampu mencontohkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.
·     Mampu menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi


Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan


2 jam

- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007.
- Buku-buku yang relevan.
- Laptop & LCD Proyektor





SILABUS

Mata Pelajaran                     :  Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester                 :  X / 1
Aspek                                    :  Tarikh dan Kebudayaan Islam
Standar Kompetensi          :  6. Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.


KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU


SUMBER
/BAHAN
/ALAT

6.1 Menceritakan  sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah


Keteladanan Rasulullah SAW:
-    Dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah.

·     Mengumpulkan kisah-kisah dakwah Rasulullah pada periode Makkah
·     Mendiskusikan dalam kelompok tentang sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
·     Presentasi hasil diskusi kelompok tentang dakwah Rasulullah periode Makkah.

·     Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah.
·     Mampu menjabarkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah.
·     Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat.

Jenis Tagihan:
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam

- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007.
- Buku-buku yang relevan.
- Laptop & LCD Proyektor

6.2 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah


Keteladanan Rasulullah SAW :
-    Substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah

·     Mendiskusikan dalam kelompok tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah
·     Presentasi hasil diskusi kelompok tentang substansi dan strategi dakwah  Rasulullah periode Makkah.


·     Mampu menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode Makkah.
·     Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah.

Jenis Tagihan:
Tugas kelompok
Ulangan harian

Bentuk instrumen:
Lembar pengamatan

2 jam

- Al-Qur’an dan terjemah.
- Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007.
- Buku-buku yang relevan.
- Laptop & LCD Proyektor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar