SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Al-Qur’an
Standar Kompetensi : 1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER /BAHAN /ALAT |
1.1 Membaca Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78 | · Q.S. Al-Baqarah: 30 · Q.S. Al-Mukminun: 12-14 · Q.S. Az-Zariyat: 56 · Q.S. An Nahl: 78 | · Membaca dengan fasih Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 · Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 | · Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar. · Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14; 56. Q.S. AzZariyat: 56, dan An Nahl: 78 · Contoh-contoh prilaku berdasar al-qur’an | Jenis Tagihan: Tugas Individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | - Al-Qur’an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007. - Buku-buku yang relevan. - Laptop & LCD Proyektor |
1.2 Menyebutkan arti Q.S. Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78 | · Q.S. Al-Baqarah: 30 · Q.S. Al-Mukminun: 12-14 · Q.S. Az-Zariyat: 56 · Q.S. An Nahl: 78 | · Menyebutkan arti perkata Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 · Menyebutkan arti per-ayat Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 · Menjelaskan terjemahan Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 · Mendiskusikan arti dan kandungan Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 | · Mampu menyebutkan arti per-kata Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 dengan benar · Mampu menyebutkan arti per-ayat Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 · Mampu menjelaskan terjemahkan Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78 | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian singkat | 2 jam | - Al-Qur’an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007. - Buku-buku yang relevan. - Laptop & LCD Proyektor |
1.3 Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam Q.S. Al- Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl : 78 | · Q.S. Al-Baqarah: 30 · Q.S. Al-Mukminun: 12-14 · Q.S. Az-Zariyat: 56 · Q.S. An Nahl: 78 | · Mengidentifikasi perilaku Khalifah yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78 · Mempraktikkan perilaku sebagai khalifah di bumi sesuai Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78 · Menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan. | · Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78 · Mampu mencontohkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78 · Mampu menerapkan perilaku khalifah dalam kehidupan. | Jenis Tagihan: Perilaku individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | - Al-Qur’an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007. - Buku-buku yang relevan. - Laptop & LCD Proyektor |
SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Al-Qur’an
Standar Kompetensi : 2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER /BAHAN /ALAT |
2.1 Membaca Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 | · Q.S. Al-An’am; 162-163 · Q.S. Al-Bayyinah: 5 | · Membaca dengan fasih Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 · Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 | · Mampu membaca Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 dengan baik dan benar · Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 | Jenis Tagihan: Tugas Individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | - Al-Qur’an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007. - Buku-buku yang relevan. - Laptop & LCD Proyektor |
2.2 Menyebutkan arti Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 | · Q.S. Al-An’am; 162-163 · Q.S. Al-Bayyinah; 5 | · Mengartikan perkata Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 · Mengartikan per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 · Mendiskusikan terjemah Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 | · Mampu menyebutkan arti per-kata Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 · Mampu menyebutkan arti per-ayat Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 · Mampu menjelaskan terjemahan Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Isian singkat | 2 jam | - Al-Qur’an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007. - Buku-buku yang relevan. - Laptop & LCD Proyektor |
2.3 Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam Q.S. Al An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 | · Q.S. Al-An’am; 162-163 · Q.S. Al-Bayyinah; 5 | · Mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 · Mempraktikkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 · Menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 | · Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 · Mampu mencontohkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 · Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengtan Q.S Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 | Jenis Tagihan: Perilaku individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | - Al-Qur’an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007. - Buku-buku yang relevan. - Laptop & LCD Proyektor |
SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Akidah
Standar Kompetensi : 3. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul Husna.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER /BAHAN /ALAT |
3.1 Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna | Asmaul Husna: - 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna | · Membaca buku sumber yang berkaitan pengertian sifat-sifat Allah. · Mendiskusikan arti 10 sifat Allah dalam asmaul husna. | · Mampu menyebutkan arti sifat Allah. · Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian bebas | 2 jam | - Al-Qur’an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007. - Buku-buku yang relevan. - Laptop & LCD Proyektor |
3.2 Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna | Asmaul Husna: - 10 Asmaul Husna dan artinya | · Membaca buku sumber yang berkaitan dengan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna. · Menjabarkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna | · Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna. · Mampu menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat manusia | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian singkat | 2 jam | - Al-Qur’an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007. - Buku-buku yang relevan. - Laptop & LCD Proyektor |
3.3 Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna | Perilaku yang mencermin-kan keimanan terhadap 10 Asmaul Husna | · Mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. · Menerapkan perilaku yang mencerminkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. | · Mampu mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. · Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna | Jenis Tagihan: Tugas Individu Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | - Al-Qur’an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007. - Buku-buku yang relevan. - Laptop & LCD Proyektor |
SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Akhlak
Standar Kompetensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER /BAHAN /ALAT |
4.1 Menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan | Husnuzhan: - Pengertian Perilaku Husnuzhan | · Mendiskusikan pengertian perilaku husnu zhan. · Mengidentifikasi prilaku-prilaku yang berkaitan dengan husnuzhan. | · Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap Allah · Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap diri sendiri. · Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap sesama manusia. | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian bebas | 2 jam | - Al-Qur’an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007. - Buku-buku yang relevan. - Laptop & LCD Proyektor |
4.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia | Husnuzhan: - Contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia. | · Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnu dzan terhadap Allah. · Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri. · Mendiskusikan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia. | · Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap Allah · Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap diri sendiri. · Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap sesama manusia. | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | - Al-Qur’an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007. - Buku-buku yang relevan. - Laptop & LCD Proyektor |
4.3 Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari | Husnu zhan : - Perilaku Husnu zhan dalam kehidupan sehari-hari. | · Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnu dzan terhadap Allah. · Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap diri sendiri. · Mempraktikkan contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia. | · Mampu menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah · Mampu menerapkan sikap husnu zhan terhadap Allah · Mampu menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri. · Mampu menerapkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri. · Mampu menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia. | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | - Al-Qur’an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007. - Buku-buku yang relevan. - Laptop & LCD Proyektor |
SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Fikih
Standar Kompetensi : 5. Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER /BAHAN /ALAT |
5.1 Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam | Sumber hukum Islam: o Al-Qur’an - Pengertian - Kedudukan - Fungsi o Al-Hadits - Pengertian - Kedudukan - Fungsi o Ijtihad - Pengertian - Kedudukan - Fungsi | · Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an sebagai sumber hukum Islam. · Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Hadits sebagai sumber hukum Islam. · Mendiskusikan pengertian, kedudukan dan fungsi Ijtihad sebagai sumber hukum Islam. | · Mampu menyebutkan pengertian Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam · Mampu menjelaskan kedudukan Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam · Mampu menjelaskan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam. · Mampu menjelaskan fungsi Al-Hadits terhadap Al-Qur’an. · Mampu menjelaskan macam-macam Al-Hadits. | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian bebas Uraian singkat | 4 jam | - Al-Qur’an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007. - Buku-buku yang relevan. - Laptop & LCD Proyektor |
5.2 Menjelaskan pengertian, kedudukan, dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam | Hukum Taklifi : · Pengertian hukum taklifi. · Kedudukan hukum taklifi. · Fungsi Hukum Taklifi dalam Hukum Islam | · Mendiskusikan pengertian hukum taklifi dalam hukum Islam · Mendiskusikan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam · Mendiskusikan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam | · Menjelaskan pengertian hukum taklifi dalam hukum Islam · Menjelaskan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam · Menjelaskan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam. | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Uraian bebas | 2 jam | - Al-Qur’an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007. - Buku-buku yang relevan. - Laptop & LCD Proyektor |
5.3 Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari | Hukum taklifi: - Penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari. | · Mendiskusikan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi. · Mempraktikkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi. · Menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi. | · Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku sesuai hukum taklifi. · Mampu mencontohkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi. · Mampu menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi | Jenis Tagihan: Tugas Individu Tugas kelompok Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | - Al-Qur’an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007. - Buku-buku yang relevan. - Laptop & LCD Proyektor |
SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Tarikh dan Kebudayaan Islam
Standar Kompetensi : 6. Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER /BAHAN /ALAT |
6.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah | Keteladanan Rasulullah SAW: - Dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah. | · Mengumpulkan kisah-kisah dakwah Rasulullah pada periode Makkah · Mendiskusikan dalam kelompok tentang sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Makkah · Presentasi hasil diskusi kelompok tentang dakwah Rasulullah periode Makkah. | · Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah. · Mampu menjabarkan profil dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah. · Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat. | Jenis Tagihan: Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | - Al-Qur’an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007. - Buku-buku yang relevan. - Laptop & LCD Proyektor |
6.2 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah | Keteladanan Rasulullah SAW : - Substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah | · Mendiskusikan dalam kelompok tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah · Presentasi hasil diskusi kelompok tentang substansi dan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah. | · Mampu menjelaskan substansi dakwah Rasulullah periode Makkah. · Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah periode Makkah. | Jenis Tagihan: Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk instrumen: Lembar pengamatan | 2 jam | - Al-Qur’an dan terjemah. - Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007. - Buku-buku yang relevan. - Laptop & LCD Proyektor |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar